Sabtu, 03 November 2012

Pengertian Manusia Purba

Langsung saja akan saya jelaskan apa Manusia Purba itu.
   Pada zaman plestosin kira-kira 1,9 juta tahun yang lalu, di Indonesia telah dihuni oleh manusia. Manusia yang hidup pada zaman itulah yang disebut sebagai Manusia Purba. Jadi yang disebut manusia purba adalah manusia yang hidup pada zamanpurba/zaman prasejarah/zaman pra-aksara/zaman nirleka. Berikut ciri-ciri manusia purba:



  1. Berjalan tegak dengan menggunakan kedua kakinya
  2. Memiliki akal dan volume otak yang lebih besar daripada primata lain.
  3. Mengenal bahasa/ dapat berbicara.
  4. Hidup berkelompok dan mengenal pembagian tugas/kerja.
  5. Memiliki peradaban.
 
    Keberadaan manusia purba dapat diketahui dari fosil-fosil yang ditemukan. Fosil adalah sisa-sisa tumbuhan, hewan, dan bekas kerangka manusia yang sudah membatu. Para ahli sejarah berusaha merekonstruksikan bentuk dan cara hidup manusia pada saat itu dengan melakukan penggalian pada lapisan tanah. Sumber-sumber informasi tentang kehidupan purba masa itu dapat kita ketahui dari:
  1. Hasil penggaliann fosil. Fosil yang dapat memberi petunjuk tantang kehidupan manusia masa purba dan sebagainya disebut fosil pandu atau leitfosil.
  2. Tempat perlindungan di bawah karang (abris sous Roche) yang ditemukan di teluk Triton (Irian Jaya), Pulau Seram, dan di Sulawesi Selatan.
  3. Dapur sampah (kjokkenmoddinger) yang ditemukan di Medan (Sumatra Utara), dan Langsa (Aceh).
  4. Alat-alat yang digunakan oleh manusia purba (artefak) seperti beliung persegi, kapak lonjong, kapak genggam, serpih, alat pemukul kayu dan lain-lain.
Sekarang anda mengerti apa Manusia Purba itu kan....Semoga postingan saya ini dapat menambah wawasan anda dan juga bermanfaat bagi anda. Sampai jumpa dipostingan yang lain.

lhttp://sejarahnusantarakita.blogspot.com/2011/03/sudahkah-anda-tau-apa-itu-zaman-pra.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar